Tata Cara Menghubungi Dosen Dengan Baik dan Benar-HMJ PAI UIN Antasari Banjarmasin 2020

 Sebagai Mahasiswa barang tentu akan sering berhadapan dengan dosen, baik dosen pembimbing atau dosen pengajar. Karena dosen yang akan mengarahkan mahasiswa dalam melaksanakan  perkuliahan.

Hubungan yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula. Dosen akan senang apabila mahasiswanya ramah, sopan dan santun. Selain sopan dan santun juga tepat waktu dalam berbagai urusan.

Tidak bisa dihindari pasti akan ada waktu dimana kita harus menghubungi secara personal. Lalu bagaimana cara yang baik dan benar  menghubungi dosen? Berikut:

Etika menghubungi dosen melalui telefon

1. Perhatikan waktu yang tepat

Perhatikan waktu yang tepat saat kamu ingin menghubungi dosenmu. Jangan menghubungi dosenmu diluar jam kerja. Contoh sebelum jam 7 karena biasanya sebelum jam 7 dosen masih sibuk mengurusi pekerjaan di rumahnya. Jangan juga menghubungi dosen di atas jam 18.00, karena di jam-jam tersebut adalah waktu untuk dosen istirahat

2. Gunakan bahasa umum dan bahasa yang sopan

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, sopan, tanda baca yang baik dalam konteks formal serta hindari penyingkatan kata. Seperti hy, yg, ok, dmn, dll.

3. Ucapkan salam untuk mengawali pesan

Awali dengan kalimat sapaan atau ucapkan salam kepada dosen yang dihubungi. Misal, "Assalamu'alaikum Pak, selamat pagi," jangan "ass" sekali lagi hindari penyingkatan kata.

4. Gunakan ucapan maaf

Walaupun tidak ada salah apa-apa ucapan kata maaf untuk menunjukan kesopan santun dan kerendahan hati anda kepada dosen yang di hubungi. Misalnya "mohon maaf sebelumnya pak, mengganggu waktunya"

5. Sampaikan identitasmu dengan jelas

Hal ini sangat penting agar dosen yang kita hubungi mengetahui dengan jelas identitas kita, jangan sampai hanya menyampaikan nama saja namun sampaikan dengan jelas dan lengkap. Ingat dosen bukan hanya mengajar 10 atau 20 Mahasiswa namun ratusan bahkan ribuan Mahasiswa, oleh karena itu tidak mungkin menyimpan setiap nomor handphone Mahasiswanya (kecuali kamu menjadi ketua kelas, ketua himpunan, bisa jadi nomormu akan di simpan karena akan selalu berkomunikasi dengan dosen tersebut). Selain itu, gunakan foto profil whatsApp dengan foto kamu sendiri, agar dosen mudah mengenalmu.

Menyampaikan identitas seperti:Nama lengkap, fakultas, jurusan, nim, lokal kuliah, mata kuliah dll. Misal "Assalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh, mohon maaf sebelumnya pak saya mengganggu waktunya. Saya M. Maulana Malik Ibrahim Mahasiswa PAI Konsentrasi Fiqih 2016 NIM 16010102077098."

6. Sampaikan keperluan dengan singkat, padat dan jelas, serta tutup dengan ucapan terimakasih dan salam

Dosenmu tidak punya banyak waktu, jadi sampaikan keperluanmu kepada dosen dengan singkat, padat dan jelas. tidak perlu berbelit-belit dan basa-basi.

Contoh:

1. Assalamu'alaikum  Warrahmaullahi  Wabarakatuh

Mohon maaf mengganggu sebelumnya, saya M. Maulana Malik Ibrahim Mahasiswa PAI Konsentrasi Fiqih 2016 NIM 16010102077098.  Saya ingin konsultasi sekripsi, kapan kiranya saya bisa menemui bapak? 

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh

 

2. Assalamu'alaikum  Warrahmaullahi  Wabarakatuh. Pak, sebelumnya mohon maaf mengganggu waktunya. Nama saya Zainal Arifin mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam lokal A 2018 , semester ini saya mengikuti mata pelajaran yang Bapak ajarkan Ilmu Pendidikan . Saya ingin berkonsultasi tentang matakuliah Ilmu Pendidikan, kapan saja saya bisa bertemu Bapak pada minggu ini? Terima kasih sebelumnya Pak."

Wassalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh

 

3. Assalamu'alaikum Warrahmaullahi  WabarakatuhMohon maaf sebelumnya bu, Saya Nur Aini Mahasiswi Jurusan PAI lokal C tahun 2018 NIM 180101030872. Ingin melaporkan bahwa nilai saya di Kartu Hasil Ujian (KHS) bagian semester 1 kosong.

Sekian terimakasih, wassalamu'alaikum Wr. Wb

 

4. Assalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh

Afwan Ibu,mohon maaf mengganggu waktu pian. Ulun Rina Sari mahasiswi semester 4 PAI-G 2018 NIM 1801010057355.

Disini ulun dan teman-teman selaku anak bimbingan ibu ingin konsultasi dengan ibu. Jadi kapan nggih kiranya ibu ada waktu luang di kampus?

Sebelum dan sesudahnya ulun ucapkan terimakasih.

Dan sekali lagi mohon maaf mengganggu waktu ibu.

Wassalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh

 

5. Assalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh. Mohon maaf sebelumnya Pak. perkenalkan nama saya Ardiyan Fikrianoor Mahsiswa semester 3 Jurusan PAI-G 2019 NIM 190101010872, Mahasiswa bimbingan bapak. Disini saya ingin meminta tolong reset ulang KRS saya pak, karena ada kesalahan saat pengisian KRS saya.

Sekian saya ucapkan terimakasih pak dan mohon maaf apabila saya mengganggu waktu bapak

wassalamu'alaikum Warrahmaullahi  Wabarakatuh